Minggu, 24 Agustus 2014

Speed Racer (2008)

Speed Racer (2008)
Durasi : 135 Menit
Genre : Action, Family, Sport  
Tanggal Rilis : 9 Mei 2008
Sutradara : Andy Wachowski, Lana Wachowski (The Wachowski Brothers)
Penulis : Andy Wachowski, Lana Wachowski
Pemain : Emile Hirsch, Matthew Fox, Christina Ricci 

Sinopsis Film Speed Racer (2008) :

Film Speed Racer yang disutradarai Wachowski bersaudara ini bercerita tentang kehidupan Speed Racer (Emile Hirsch) sebagai seorang pembalap yang ingin membuktikan bahwa balapan dapat dimenangkan tanpa harus bermain curang dan terlepas dari segi bisnis yang mengitarinya. Karena itu, Speed yang terlahir dari keluarga pembalap tidak ingin disponsori oleh siapa pun, termasuk oleh Royalton (Roger Allam), pemilik Royalton Industries.

Karena merasa dilecehkan, Royalton pun mengancam Speed di kejuaraan balap mobil Fuji yang akan diikutinya. Speed yang mengendarai Mach 5 akhirnya kalah. Namun, ketika mengikuti sebuah balapan ekstrem, tim Togokhan yang digawangi Taeju (Rain), Speed, dan Racer X (Mattherw Fox) berhasil menjuarai kejuaraan terberat sepanjang sejarah itu. Bahkan, kakak Speed, Rex Racer (Scott Porter) menjadi korban di balapan ekstrem tersebut. Rex pula yang menjadi inspirasi Speed untuk menjadi pembalap.

Sayang, kemenangan di kejuaraan ekstrem itu ternyata dijadikan ajang bisnis oleh keluarga Togokhan. Speed pun merasa dipermainkan, apalagi oleh Taeju, anak keluarga Togokhan. Untungnya, Horuko (Yu San), adik Taeju, memberikan undangan kepada Speed untuk mengikuti kejuaraan Grand Prix.

Akhirnya, Speed bersama keluarga besarnya mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan tersebut. Mobil baru pun tercipta dengan sebutan Mach 6. Saat balapan, Speed masih harus melawan keangkuhan Royalton yang mengirim pembalapnya, Cannonball Taylor (Ralp Herforth), yang telah memenangi berbagai balapan.

Film yang baru saja dirilis 9 Mei 2008 ini lebih menonjolkan unsur visual yang dipenuhi berbagai macam warna sehingga terkesan ramai dan semarak. Ini seperti pas untuk dunia balap yang selalu diramaikan banyak penonton. Tampilan ini bahkan sangat jelas terlihat dari warna-warna yang dipertunjukkan di kendaraan balap. Di samping itu, penggunaan efek visual khususnya pada lintasan balap juga menambah kesan tersebut. Mungkin ini dimaksudkan untuk mempertahankan nuansa cerita yang diangkat dari bentuk aslinya berupa film manga dari Jepang bernama Mach GoGoGo.

Dengan alur cerita yang terkadang maju dan mundur, terutama di awal film yang menceritakan Speed kecil, tak memengaruhi jalan cerita film yang diperuntukkan bagi remaja ini. Justru hal itu memperkuat jalan cerita karena latar belakang Speed dapat ditangkap penonton. Transisi antaradegan pun juga cukup baik sehingga penonton turut larut dalam alur cerita.

Akting Spritle (Paulie Litt), adik Speed, juga cukup memukau, meski hanya sebagai pemeran tambahan. Kehadiran Spritle bersama seekor simpanse dalam film ini rupanya menjadi pembangun suasana dengan menghadirkan kelucuan. Dengan demikian, suasana film ini cukup mengena di hati penonton, selain aksi kejar-kejaran antarpembalap.

Kelihaian Wachowski bersaudara yang juga membesut trilogi The Matrix juga tampak ketika menampilkan kehidupan keluarga Racer yang hidup harmonis dan kompak. Hal ini terlihat ketika Speed dan orangtuanya (Susan Sarandon dan John Goodman) berbicara dari hati ke hati. Rasa sayang dari orang tua kepada anaknya begitu terlihat. Akhirnya, film ini tidak hanya menampilkan nuansa berkompetisi secara jujur, tetapi juga keharmonisan sebuah keluarga.

Speed Racer (2008) Full Movie Subtitle Indonesia

Artikel Terkait